filletbeku

Fillet Beku

fillet beku

fillet beku

Hay fish lover untuk menambah info kalian kami akan memberi informasitentang fillet beku ,semua prodik di ikanfrozen.com menggunakan teknik pembekuan dala proses pengawetan nya .mengapa metode ini kami gunakan ?dan apa keuntungan nya? simak ulasan berikut

PEMBEKUAN

Pembekuan adalah proses pengambilan panas dari produk pangan sehingga suhu produk dibawah 0⁰C bahkan dapat mecapailebih dari -30 ⁰C . Pada proses pembekuan, suhu produk atau bahan akan turun dibawah titik beku dan sejumlah air akan berubah bentuk menjadi kristal-kristal es. Perubahan air menjadi es mengakibatkan konsentrasi solut dalam bahan atau produk pangan meningkat dan aktivitas air dalam produk menurun. 

Selama pembekuan, panas dari bahan atau produk pangan diambil untuk menurunkan suhu produk pangan sampai titik beku. Pada bahan pangan segar, panas yang dihasilkan dari proses respirasi juga diambil dan umumnya dihitung untuk mengetahui alat pembeku yang sesuai. Pada proses pembekuan, panas laten kristalisasi diambil dari kristal es yang terbentukpada produk pangan. Panas laten komponen pangan lain seperti lemak juga diambil sebelum lemak tersebut memadat akibat penurunan suhu. Titik beku bahan pangan adalah suhu ketika sejumlah kristal es terbentuk dan mencapai kesetimbangan dengan air di sekitarnya. Periode lewat dingin bergantung pada jenis produk atau bahan pangan serta kecepatan pengambilan panas.

Proses pembekuan dapat diklasifikasikan berdasarkan kecepatan pembekuan yaitu pembeku lambat, pembeku cepat, pembeku sangat cepat dan pembeku ultra cepat. Pembeku lambat seperti pembeku ruang pendingin (Cold store) dan pembeku udara(still air freezer), pembeku cepat seperti pembeku hembusan udara (air blast freezer) dan pembeku flat (plat freezer), sedangkan pembeku cepat misalnya fluidised bed freezer, serta pembeku ultra cepat misalnya pembeku kriogenik (cryogenic freezer).

Alat pembeku (Freezer) secara umum dapat dikelompokkan menjadi pendingin mekanis dan pembeku kriogenik (cryogenic freezer). Pendingin mekanis yaitu menggunakan refrigerant yang mengalami siklus penguapan dan kompresi mengunakan udara dingin,Pembeku kriogenik merupakan pembekuan dengan menggunakan karbondioksida, nitrogen cair atau freon cair yang secara langsung kontak dengan bahan yang akan dibekukan. Pada proses pemilihan alat pembeku harus memperhatikan kecepatan pembekuan yang diinginkan, jenis produk pangan, ukuran produk, bentuk produk, kemasan yang digunakan produk serta cara pengoprasian, batch atau kontinu bergantung pada skala produksi dan jenis produk. 

jangan lupa simak resep masak di

fillet keju

fillet saus jeruk

Tinggalkan Balasan